Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Artikel atau Karya Ilmiah Belum Terindeks Google Schollar, Simak Cara Input Manual Tulisan ke Google Schollar.

Google Schollar atau yang orang Indonesia sebut Google Cendekia, website besutan google ini menyediakan cara sederhana untuk mencari literatur ilmiah secara luas. Dari satu tempat, Anda dapat mencari di berbagai disiplin ilmu dan sumber: artikel, tesis, buku, abstrak, dan opini pengadilan, dari penerbit akademis, masyarakat profesional, repositori online, universitas, dan situs internet lainnya. Google Cendekia membantu Anda menemukan pekerjaan yang relevan di seluruh dunia penelitian ilmiah.

Google cendikia ini menjadi salah satu rujukan orang untuk melihat hasil-hasil penelitian yang juga digunakan sebagai bahan pertimbangan seseorang agar diterima di suatu kampus untuk menjadi seorang dosen. Isi tampilannya akan berupa foto profil, afiliasi dan penelitian atau tulisan yang telah dimuat secara online ataupun offline, serta H-Indeks atau seberapa banyak tulisan seseorang telah dirujuk oleh orang lain. Berikut contoh profil cendikia pemilik Sahabat Tekno:

Jurnal-jurnal publikasi tentu sudah banyak yang terindeks oleh google schollar, namun ada juga yang tidak seperti repository kampus (website untuk skripsi), bila tidak terindeks maka tulisan tidak akan secara otomatis masuk pada profil kita. Bila kalian memiliki tulisan yang belum terindeks, kalian bisa input secara manual dengan cara seperti berikut.

1. Klik menu tombol plus dibawah foto, lalu kalian pilih input artikel secara manual


2. Lalu kaliah akan menemui menu seperti ini


disini kalian bisa pilih jenis tulisan apa yang akan kalian input dan isi datanya, Judul, pengarang (untuk pembimbing bisa kalian input sebagai pengarang ke dua kalian) dengan format Nama Kamu (nama dibalik jadi nama belakang dulu ya); Pengarang 2; Pengarang 3. Lembaga dll.

3. lalu klik centang biru di pojok kanan atas, dan selamat tulisan kamu sudah terindeks di google schollar.

Namun yang kita butuhkan agar tulisan atau jurnal kita dikutip oleh orang, perlu juga kita uploud ke website-website agar orang bisa membacanya, seperti ResearchGate, Slide Share dan lain sebagainya.

Sekian dulu, Salam Literasi dan Sukses Selalu Gais.

Posting Komentar untuk "Artikel atau Karya Ilmiah Belum Terindeks Google Schollar, Simak Cara Input Manual Tulisan ke Google Schollar."