Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Chip Baru Qualcomm untuk PC

Dilansir dari thelec, Qualcomm pada hari Rabu meluncurkan prosesor baru yang ditujukan untuk PC.

Peluncuran chip kemungkinan akan memanaskan persaingan di ruang prosesor PC karena Apple berencana untuk menggunakan prosesor seri M sendiri untuk MacBook-nya, yang kemungkinan akan menantang Intel, pembangkit tenaga listrik tradisional di sektor ini.

Chip baru Qualcomm adalah Snapdragon 8cx Gen 3 dan Snapdragon 7c+ Gen 3 yang pertama ditujukan untuk PC top class dan yang terakhir untuk PC kelas bawah dan Chromebook.

Raksasa chip AS itu mengatakan Snapdragon 8cx Gen 3 memiliki akselerasi AI dengan peningkatan kinerja per watt yang luar biasa, kamera dan audio yang imersif, konektivitas 5G, desain tipis tanpa kipas pendingin, dan keamanan yang ditingkatkan.

Chip ini dibuat menggunakan node proses 5-nanometer (nm), yang pertama untuk prosesor yang ditujukan untuk PC.

Qualcomm mengatakan chip terbaru memiliki kinerja 85% lebih baik dibandingkan dengan CPU berbasis x86 yang bersaing (kemungkinan Intel). Performa per watt juga 60% lebih baik daripada produk pesaing dalam kategori yang sama, kata perusahaan AS itu.

GPU pada Snapdragon 8cx Gen 3 juga 60% ditingkatkan dibandingkan Gen 2, tambahnya, dan akan memungkinkan recreation dimainkan 50% lebih lama dibandingkan dengan GPU pesaing.

Performa akselerasi AI dari chip ini adalah 29TOPS, sedangkan chip tersebut memiliki modem 5G di dalamnya yang menawarkan kecepatan unduh 10Gbps. Ini juga mendukung WiFi 6/6E.

Sementara itu, Snapdragon 7c+ Gen 3 menambahkan konektivitas 5G dan dibuat menggunakan node proses 6nm. Kinerja CPU dan GPU masing-masing meningkat 40% dan 35%, dibandingkan pendahulunya, kata Qualcomm. Performa mesin AI pada chip adalah 6,5TOPS.

PC yang ditenagai oleh dua chip baru akan diluncurkan pada paruh pertama tahun 2022

Posting Komentar untuk "Chip Baru Qualcomm untuk PC"