-->

Fitur-fitur Baru Android 13: Perlu Upgrade ke Android 13 atau Tidak?

Android sebagai punguasa OS di sektor ponsel sangat gencang untuk terus berkembang, bahkan baru-baru ini Media Android Authority merilis beberapa fitur yang kami rangkum sebagai berikut. Android 12 baru saja memulai debutnya pada pilihan kecil smartphone terbaik dunia, tetapi kami sudah menantikan Android 13. Iterasi besar berikutnya dari sistem operasi seluler Google telah melihat dua pratinjau pengembang dan dua rilis beta. Terlebih lagi, sepertinya kita mungkin melihat peluncuran yang stabil lebih awal tahun ini dibandingkan dengan yang terakhir.

Di bawah ini, kami melihat apa yang dapat Anda harapkan dari rilis versi Android utama yang akan datang.

Android 13: Nama dan tanggal rilis

Source: Android Authority

Sebelum Android 10, Google menamai versi OS-nya dengan suguhan manis. Meskipun telah beralih ke nomor publik, sering kali masih mengacu pada versi sebagai penganan internal. Berkat pratinjau pengembang pertama, kami tahu nama kode untuk Android 13 adalah “Tiramisu.” Ini adalah pertama kalinya dalam waktu yang lama kami melihat Google begitu terbuka dengan nama kode.

Untuk tanggal rilis Android 13, Google telah membagikan jadwalnya. Dilihat dari jadwal itu, kami mengharapkan setidaknya dua pratinjau pengembang, setidaknya empat beta, dan peluncuran yang stabil sekitar Agustus 2022. Namun, banyak hal dapat berubah secara signifikan antara sekarang dan nanti, jadi jangan membuat terlalu banyak asumsi dulu.

Android 13: Perubahan desain

Source: Android Authority

Android 12 menghadirkan salah satu perubahan UI sistem operasi yang paling signifikan selama bertahun-tahun dengan Material You. Antarmuka baru memungkinkan opsi penyesuaian yang lebih menarik, dari kontrol palet warna berbasis wallpaper hingga animasi yang lebih intuitif. Android 13 tampaknya tidak mengubah banyak hal secara radikal, tetapi Google masih akan menghadirkan fitur baru dan tweak desain.

Ikon bertema otomatis

Google membagikan tangkapan layar di atas saat meluncurkan pratinjau pengembang pertama. Tampaknya Android versi 2022 akan memungkinkan Anda untuk memberi tema pada ikon Anda seperti tema sistem operasi lainnya dengan Android 12.

Sayangnya, ada dua peringatan di sini. Yang pertama adalah ini hanya akan tersedia di perangkat Pixel, setidaknya saat pertama kali diluncurkan. Yang kedua adalah ini hanya akan berfungsi dengan aplikasi di mana pengembang telah menyertakan ikon monokrom untuk Material yang Anda gunakan.

Dengan kata lain, jangan berharap pengalaman bertema yang benar-benar kuat dan lengkap saat Android 13 pertama kali diluncurkan. Mungkin perlu beberapa saat sebelum ini benar-benar otomatis seperti yang dibayangkan Google.

Lebih banyak opsi bertema Material You

Menurut rumor Android 13 berdasarkan kode yang bocor, pembaruan OS dapat memperluas opsi tema warna yang tersedia dengan menawarkan empat palet baru yang berkaitan dengan nuansa tertentu atau warna pelengkap. Hal ini kemudian dikuatkan dalam Android 13 DP2, meskipun fitur tersebut belum aktif.

Pengalaman ini termasuk TONAL_SPOT, VIBRANT, EXPRESSIVE, dan SPRITZ. Sementara dua opsi pertama sangat mirip, dua yang terakhir sangat berbeda dari sistem tema Android 12 saat ini. 'Ekspresif' tampaknya bersandar pada warna yang tidak bersumber langsung dari wallpaper, sementara 'Spritz' memilih warna yang lebih abu-abu dan netral.

Ini mungkin bukan kontrol granular yang dicari banyak pengguna, tetapi ini adalah permulaan.

Google juga menyatakan bahwa dimulai dengan perangkat Android 13 Pixel, pengguna akan melihat opsi pengaturan "Ikon bertema" baru. Mengaktifkannya akan mencocokkan semua aplikasi yang didukung dengan warna utama ponsel Anda. agar semua aplikasi yang didukung juga cocok dengan warna ponsel Anda.

Pengaturan jam layar kunci alternatif

Android 13 akan memungkinkan pengguna beralih di antara dua gaya jam di layar kunci. Pengguna akan dapat memilih tata letak garis tunggal atau tata letak garis ganda saat ini. Anda dapat dengan mudah mengakses sakelar ini dengan menuju ke Pengaturan> Tampilan> Layar Kunci.

Widget Now Playing diperbarui

Pemutar media yang muncul di area notifikasi Anda akan memiliki tampilan baru. Seni album sekarang akan mengambil seluruh latar belakang widget dan kontrol telah dipindahkan sedikit. Dalam versi beta pertama, kami juga melihat bahwa bilah kemajuan membuat garis goyah saat lagu Anda diputar. Tidak jelas apakah perubahan ini akan eksklusif untuk Pixel.

Google Mingguan

Menelepon semua pengguna Android: Tetap tahu tentang sistem operasi Anda dengan berita dari Google.

Android 13: Peningkatan fungsi

Android 12 memperkenalkan beberapa utilitas baru, termasuk dukungan tangkapan layar bergulir yang dipanggang dan mode satu tangan, pengaturan putar otomatis yang lebih cerdas, dan fitur AppSearch. Tapi apa yang bisa dibawa oleh Android 13?

Dukungan pemindai QR yang lebih intuitif

Pemindaian kode QR tidak perlu kikuk di Android, tetapi ini bisa menjadi sesuatu dari masa lalu. Ada tombol sakelar cepat yang diperkenalkan di pratinjau pengembang pertama, tetapi tidak berfungsi. Itu mulai bekerja di pratinjau pengembang kedua. Fungsinya sederhana, tetapi setidaknya Anda tidak memerlukan aplikasi terpisah lagi!

Dukungan asli Bluetooth LE Audio

Audio nirkabel akan mendapatkan dorongan di versi Android berikutnya. Ini akan memiliki dukungan untuk Bluetooth LE Audio dan Low Complexity Communications Codec (LC3). Codec adalah masalah yang cukup besar, menggembar-gemborkan penggunaan daya yang lebih rendah dan kualitas audio yang ditingkatkan di seluruh perangkat yang didukung.

'Jangan Ganggu' sekarang 'Mode Prioritas' Dikembalikan

Dalam pratinjau pengembang kedua, Google mengganti nama Jangan Ganggu sebagai Mode Prioritas (lihat foto di atas). Namun, dalam versi beta pertama, Google mengembalikan ini ke Jangan Ganggu. Kita harus menunggu dan melihat apakah itu berubah pikiran lagi tentang ini.

Mode senyap benar-benar senyap

Saat Anda menyetel ponsel ke mode senyap, ponsel harus benar-benar senyap. Namun, getaran dan haptics masih terjadi dalam mode ini. Namun, di Android 13, mode senyap menonaktifkan semuanya, memberi Anda keheningan sejati saat menggunakan ponsel.

Ketuk untuk mentransfer kontrol media

Tambahan kejutan dapat menghadirkan berbagi media yang lebih cerdas di beberapa perangkat. Menurut rincian yang bocor dari "sumber anonim dan tepercaya," Polisi Android menemukan sistem tap-to-transfer (TTT) yang memungkinkan pengguna meneruskan kontrol media ke perangkat lain.

Tidak jelas bagaimana fitur ini bekerja, tetapi kemungkinan akan menggunakan teknologi nirkabel jarak pendek, seperti NFC atau UWB. Tentu saja, itu saja membatasi kompatibilitas fitur ini dengan perangkat saat ini. Tidak ada bukti dalam kode bahwa Google sedang mengerjakan fitur seperti itu, jadi ambil ini dengan sedikit garam sampai kita mempelajari lebih lanjut.

Pemilih output audio yang dikerjakan ulang

Android 13 mengerjakan ulang pemilih output audio. Ini sebagian besar merupakan desain ulang estetika agar lebih sesuai dengan skema Material You, tetapi itu akan membuat beralih ke sistem keluaran baru lebih mudah.

Pengaturan bahasa per aplikasi 'Panlingual'

Jika Anda multibahasa, ini bisa menjadi tambahan terbaik untuk Android 13. Pratinjau pengembang pertama menyertakan sakelar bahasa per aplikasi. Ini akan memungkinkan pengguna untuk mengatur bahasa tertentu untuk aplikasi tertentu, terpisah dari pengaturan sistem.

Profil sekunder untuk pembayaran NFC

Menurut komitmen yang dibuat pada Juli 2021 (h/t XDA), Android 13 dapat memungkinkan banyak pengguna di perangkat untuk menyiapkan layanan pembayaran NFC mereka sendiri di profil masing-masing.

Presentasi clipboard yang dirubah

Saat Anda memotong atau menyalin beberapa teks di Android 13, Anda akan melihat kotak peringatan baru di sudut kiri bawah (lihat foto di atas). Ini tidak hanya akan memberi Anda representasi visual dari apa yang Anda miliki di clipboard Anda, tetapi Anda dapat dengan cepat mengetuk ikon pensil untuk mengedit teks itu. Kemudian, ketika Anda memilih untuk menempelkan teks, Anda akan mendapatkan versi terbaru. Ini adalah perubahan kecil tetapi bisa berdampak besar pada kegunaan teks di Android.

Kontrol rumah pintar dalam keadaan tidak terkunci

Jika Anda ingin mengontrol aspek rumah pintar Anda, Anda perlu membuka kunci ponsel Anda — bahkan jika Anda memiliki tombol pengalih tepat di layar kunci. Namun, Anda dapat melewati batasan ini jika Anda memilihnya dalam Android 13. Cukup buka bagian Layar Kunci pada Pengaturan Android dan balik tombol yang sesuai. Ini akan dinonaktifkan secara default untuk menjaga privasi dan keamanan pengguna.

Pembaruan privasi dan keamanan

Privasi dan keamanan selalu penting bagi Google. Dengan setiap rilis Android baru, perusahaan membuat sistem operasi lebih aman dan lebih pribadi, dengan lebih banyak kontrol pengguna atas hal-hal yang paling penting. Android 13 tidak terkecuali.

Pemilih foto pribadi

Saat Anda berbagi dokumen dengan aplikasi Android, pemilih dokumen yang muncul cukup aman. Itu tidak memungkinkan aplikasi untuk memiliki akses ke semua dokumen Anda, hanya yang Anda pilih. Namun, pemilih foto belum seaman ini. Namun, di versi baru Android, itu berubah. Lihat aksinya di bawah ini.

Pemilih foto Android 13 akan dimasukkan langsung ke dalam Android itu sendiri, yang akan membuat pemilihan foto penyimpanan lokal dan cloud bersifat universal di seluruh aplikasi. Untuk membuat berita ini lebih baik, Anda tidak perlu Android 13 untuk melihat fitur ini: Google akan mendorong ini ke semua ponsel Android 11 dan Android 12 menggunakan Google Play Store (dengan pengecualian ponsel berbasis Android Go).

NEARBY_WIFI_DEVICES

Jika suatu aplikasi perlu menemukan perangkat Wi-Fi terdekat di Android 12, kemungkinan aplikasi tersebut memerlukan izin lokasi. Ini tidak perlu tidak aman. Di Android 13, Google memperkenalkan izin waktu proses NEARBY_WIFI_DEVICES baru, yang memberi aplikasi tersebut opsi baru yang tidak memerlukan akses lokasi yang tidak perlu.

Izin pemberitahuan

Di Android versi stabil terbaru, Anda perlu memberikan izin kepada aplikasi untuk mengakses fitur tertentu, seperti lokasi Anda, kamera, dan mikrofon. Saat Android 13 mendarat, Anda harus melakukan hal yang sama untuk notifikasi.

Ini akhirnya akan mengakhiri masalah aplikasi yang baru diunduh yang membebani Anda dengan peringatan dan Anda perlu menggali pengaturan sistem untuk menghentikannya. Sebagai gantinya, Anda dapat menolak kemampuan aplikasi untuk mengirimi Anda pemberitahuan tepat saat Anda menginstalnya.

Izin terperinci untuk media

Ini mirip dengan izin notifikasi yang dijelaskan dalam beberapa paragraf sebelumnya. Di Android 12 dan versi lebih lama, saat aplikasi ingin mengakses file media yang disimpan ke penyimpanan lokal perangkat, aplikasi perlu meminta izin. Izin itu — READ_EXTERNAL_STORAGE — memberi aplikasi akses ke semua jenis media, bukan hanya media tertentu yang dibutuhkan. Android 13, bagaimanapun, tidak akan bekerja dengan cara ini. Anda harus memberikan izin untuk setiap jenis media yang disimpan:

Ketiga izin tersebut adalah:

READ_MEDIA_IMAGE — Untuk gambar dan foto

READ_MEDIA_VIDEO — Untuk file video

READ_MEDIA_AUDIO — Untuk file audio

Sekarang, Anda mungkin berpikir betapa tidak nyamannya memberikan aplikasi tiga izin berbeda. Google telah merencanakan ke depan untuk ini. Saat aplikasi meminta READ_MEDIA_IMAGE dan READ_MEDIA_VIDEO secara bersamaan, Anda akan melihat satu kotak dialog untuk kedua izin.

Manfaatnya di sini adalah pengguna tidak perlu khawatir bahwa aplikasi memiliki terlalu banyak akses ke media mereka. Ini adalah langkah lain ke arah yang benar menuju lebih banyak privasi dan keamanan di Android.

Pasangan Cepat Terintegrasi

Fast Pair adalah fitur yang hebat. Ini memungkinkan Anda dengan cepat memasangkan ponsel ke aksesori, seperti headphone Bluetooth. Alih-alih perlu menambahkannya secara manual, ponsel Anda hanya akan memberi tahu Anda bahwa ada sesuatu di sekitar dan menanyakan apakah Anda ingin memasangkannya.

Di Android 13, Fast Pair dibangun langsung ke dalam OS, yang seharusnya membuatnya lebih mudah digunakan.

Android 13: Di bawah kap peningkatan

Detail saat ini menyarankan Google akan membuat beberapa penyesuaian untuk Android 13 di bawah kulit. Penanganan izin dan konsumsi baterai dapat, sekali lagi, menerima gigitan khusus.

Ekonomi Sumber Daya Android

Satu rumor menunjukkan pengoptimalan daya yang lebih baik dapat dilakukan berkat TARE, atau Ekonomi Sumber Daya Android.

Menurut XDA, fitur tersebut dilaporkan lebih rumit, sistem manajemen daya berbasis kredit yang memungkinkan atau melarang tugas yang diminta oleh aplikasi berdasarkan seberapa rendah baterai perangkat. Kedengarannya cukup rumit dan tidak ada cukup data untuk menjelaskannya sepenuhnya, tetapi ini bisa menjadi fitur yang harus diwaspadai dalam beberapa minggu mendatang.

Pembaruan lain-lain

Sekarang akan lebih mudah untuk memformat teks Jepang sehingga lebih mudah dibaca dan dipoles.

Skrip non-latin (Tamil, Burma, Telugu, Tibet, dll.) sekarang akan terlihat lebih baik dengan ketinggian garis adaptif. Ini akan mencegah bagian bawah karakter ini terpotong.

Orang-orang yang menggunakan huruf fonetik (seperti mereka yang berbicara bahasa Jepang dan Cina) sekarang akan lebih mudah melakukan pencarian dan melengkapi teks secara otomatis. Ini karena API konversi teks baru yang dimasukkan ke dalam Android 13.

Font dan emoji akan memiliki dukungan rendering dari COLRv1. Ini akan membantu mereka merender dengan cepat dan terlihat bagus di hampir semua ukuran.

Itulah semua fitur Android 13 yang kami ketahui sejauh ini. Apakah Anda bersemangat tentang versi OS Google berikutnya? Apa yang paling membuatmu bersemangat untuk melihatnya? Pastikan untuk memberi tahu kami di komentar.

Source: Android 13 features: All the leaks, release date rumors, beta news, more (androidauthority.com)

LihatTutupKomentar