Google Bard Siap Meluncur Jadi Saingan ChatGPT

Google Bard Update, Google Bard Indonesia, Saingan ChatGPT, Bard AI Review

Google meluncurkan chatbot bertenaga Artificial Intelligence (AI) yang disebut Bard untuk menyaingi ChatGPT.

Bard akan digunakan oleh sekelompok penguji sebelum diluncurkan ke publik dalam beberapa minggu mendatang, kata perusahaan itu.

Bard dibangun di atas model bahasa besar Google yang ada Lamda, yang digambarkan oleh seorang insinyur sebagai sangat mirip manusia dalam tanggapannya sehingga dia yakin itu hidup.

Raksasa teknologi itu juga mengumumkan alat AI baru untuk mesin pencarinya saat ini.

AI chatbot dirancang untuk menjawab pertanyaan dan menemukan informasi. ChatGPT adalah contoh yang paling terkenal. Mereka menggunakan apa yang ada di internet sebagai basis data pengetahuan yang sangat besar meskipun ada kekhawatiran bahwa ini juga dapat mencakup materi yang menyinggung dan disinformasi.

"Bard berupaya menggabungkan luasnya pengetahuan dunia dengan kekuatan, kecerdasan, dan kreativitas model bahasa besar kami," tulis bos Google Sundar Pichai dalam sebuah blog.

Mr Pichai menekankan bahwa dia ingin layanan AI Google menjadi "berani dan bertanggung jawab" tetapi tidak menjelaskan bagaimana Bard akan dicegah dari berbagi konten yang berbahaya atau kasar.

Platform tersebut awalnya akan beroperasi pada versi "ringan" dari Lamda, yang membutuhkan lebih sedikit daya sehingga lebih banyak orang dapat menggunakannya sekaligus, katanya.

Pengumuman Google mengikuti spekulasi luas bahwa Microsoft akan membawa AI chatbot ChatGPT ke mesin pencari Bing, menyusul investasi multi-miliar dolar di perusahaan di belakangnya, OpenAI.

ChatGPT dapat menjawab pertanyaan dan melakukan permintaan dalam bentuk teks, berdasarkan informasi dari internet seperti pada tahun 2021. Itu dapat menghasilkan pidato, lagu, salinan pemasaran, artikel berita, dan esai siswa.

Saat ini gratis bagi orang untuk menggunakannya, meskipun biayanya beberapa sen bagi perusahaan setiap kali seseorang melakukannya. OpenAI baru-baru ini mengumumkan tingkat langganan untuk melengkapi akses gratis.

Tetapi tujuan akhir chatbot terletak pada pencarian internet, menurut para ahli - mengganti halaman tautan web dengan satu jawaban pasti.

Sundar Pichai mengatakan bahwa orang menggunakan pencarian Google untuk mengajukan pertanyaan yang lebih bernuansa daripada sebelumnya.

Padahal, misalnya, pertanyaan umum tentang piano di masa lalu mungkin adalah berapa tuts yang dimilikinya, sekarang lebih cenderung apakah lebih sulit dipelajari daripada gitar - yang tidak memiliki jawaban faktual langsung.

"AI dapat membantu pada saat-saat ini, mensintesis wawasan untuk pertanyaan yang tidak ada jawaban yang benar," tulisnya.

"Sebentar lagi, Anda akan melihat fitur-fitur bertenaga AI di Penelusuran yang menyaring informasi kompleks dan berbagai perspektif ke dalam format yang mudah dicerna, sehingga Anda dapat dengan cepat memahami gambaran besarnya dan belajar lebih banyak dari web."

1 komentar

  1. Pertamax