Nikmati Rekomendasi Kuliner Khas Turki yang Unik dan Menggugah Selera

Turkish Airline, Traveloka Turkish Airlines, Kuliner Khas Turki yang Unik, Kuliner turki yang enak

source: canva

Turki menjadi salah satu negara yang sedang banyak diminati oleh masyarakat untuk dikunjungi. Selain karena destinasi wisatanya yang menarik, di Turki kamu juga bisa menikmati kulinernya yang memiliki cita rasa khas tersendiri.

Jika ingin ke Turki, kamu bisa menggunakan maskapai penerbangan dari Turkish Airlines. Turkish Airlines merupakan salah satu rekomendasi maskapai penerbangan terbaik di Turki yang bisa kamu pesan tiketnya secara online melalui aplikasi Traveloka.

Kuliner Khas Turki

Kuliner khas Turki ada banyak jenisnya, selain itu rasanya juga terbilang cocok di lidah orang Indonesia. Yuk simak beberapa rekomendasi kuliner khas Turki berikut ini.

1. Menemen

Rekomendasi yang pertama yaitu menemen. Menemen merupakan salah satu menu sarapan yang biasa dikonsumsi oleh orang Turki di pagi hari. Makanan ini kaya akan karbohidrat dan protein karena terdiri dari daging, roti, dan telur di dalamnya.

    Salah satu yang mencolok dari tampilan menu makanan yang satu ini ialah tampilannya yang berwarna merah segar seperti pizza atau sup. Selain itu, rempah-rempahnya juga terbilang melimpah dan kaya akan rasa.

    2. Roti Pide & Lahmacun

    Selanjutnya ada roti pide dan lahmacun. Roti pide adalah roti yang berbentuk mirip dengan pizza. Bentuk rotinya lebar dan terdapat topping sosis, daging sapi, telur dan lainnya.

    Sementara lahmacun adalah kuliner yang mengandalkan daging sebagai bahan utamanya. Tampilannya juga mirip dengan pizza, bahkan banyak orang yang menyebutnya sebagai pizza Turki. Daging yang digunakan dalam lahmacun bisa berupa daging sapi atau daging domba yang dicincang.

    3. Baklava

    Selanjutnya ada baklava. Baklava merupakan jenis makanan lama yang telah ditemukan dalam buku resep pada abad ke-14. Uniknya, baklava ini disebut sebagai gullach. Baklava merupakan camilan sederhana yang dibuat dari roti dan kacang sebagai isiannya.

    Kacang yang digunakan disini yaitu jenis kacang walnut atau pistache yang sudah ditumbuk, lalu disiram dengan gula atau madu sebagai pemanis. Setelah itu, dibungkus dengan menggunakan roti tipis.

    4. Kofte

    Makanan khas Turki berikutnya ada kofte. Kofte banyak ditemukan di berbagai negara. Kofte merujuk pada jenis makanan yang dibuat dari daging baik itu daging sapi atau kambing. Daging yang digunakan juga sudah dicincang dan diolah kembali seperti sate buntel khas Jogja.

    Kofte biasanya disajikan dengan tambahan saus dip yang merupakan saus khas Turki. Tampilan dari kofte mirip dengan patties pada hamburger, benar-benar full daging dan memiliki cita rasa yang khas dan tentunya sangat lezat.

    5. Hummus

    Hummus merupakan kuliner khas Turki yang berasal dari Syam, tampilannya menyerupai selain yang terbuat dari kacang Arab yang digiling dan dicampur dengan tahini (wijen giling). Hummus memiliki tampilan yang cukup unik dengan dominan berwarna coklat dan krem.

    Sekilas, hummus ini memiliki tampilan seperti bubur, saus cocol, mayones, atau bahkan sela. Tak heran jika makanan yang satu ini cukup digemari oleh banyak orang Turki atau wisatawan mancanegara.

    6. Taboule

    Selanjutnya ada tabbouleh. Tabbouleh adalah kuliner khas Turki yang berisi banyak jenis sayuran dan terbilang menyehatkan. Tabouleh dipadukan dengan aneka jenis sayuran yang dicincang halus, lalu dicampur dalam satu wadah dan diberi bumbu.

    Sayuran yang biasa disajikan dalam menu makanan ini seperti tomat, bulgur, peterseli, dan daun mint. Untuk bumbunya yaitu bawang merah, bawang putih, minyak zaitun, perasan lemon, dan garam.

    Sebagai tambahan, awalnya tabbouleh menjadi hidangan asal Suriah dan Lebanon lalu dimodifikasi oleh orang Turki.

    7. Meze

    Kuliner khas Turki yang terakhir yaitu Meze. Meze adalah hidangan pembuka atau yang berporsi sedikit, penyajiannya biasa ditemani dengan secangkir raki, ouzo, atau arak. Meze mempunyai banyak jenis yang jumlahnya hingga ratusan.

    Salah satu jenis meze yang cukup populer yaitu dolma. Meze biasanya disajikan dalam berbagai kelompok rasa seperti asam, manis, gurih, atau pedas. Sementara bahannya mulai dari daging sapi, daging kambing, daging ayam, ikan, sayur, buah, atau kacang-kacangan.

     

    Itu dia ulasan mengenai beberapa rekomendasi kuliner khas Turki. Saat berkunjung ke Turki, pastikan kamu mencoba beberapa hidangan di atas. Hal ini karena hidangan kuliner tersebut terbilang cukup populer dan sangat disayangkan jika kamu tidak mencobanya sama sekali.

    Untuk berlibur ke Turki, pastikan kamu pesan tiket pesawat melalui aplikasi Traveloka. Di Traveloka, kamu bisa mendapat banyak kesempatan dan keuntungan seperti diskon, promo, atau cashback.

    Tidak hanya itu saja, Turkish Airlines menjadi salah satu maskapai penerbangan yang recomended dipilih untuk perjalanan ke Turki. Pelayanan dan fasilitasnya lengkap dan terbaik, selain itu menu makanan yang dihidangkan di Turkish Airlines juga tentu beragam dan memiliki cita rasa yang lezat.


    Jadi, langsung saja buka aplikasi Traveloka dan pesan tiket Turkish Airlines sekarang juga.

    Posting Komentar