Cara Mudah Mengambil, Mengedit, dan Membagikan Screenshot

Dalam tip ini, kami akan memandu Anda melalui proses pengambilan tangkapan layar. Dengan cara ini, Anda dapat dengan mudah menangkap, mengedit, dan membagikan gambar layar Anda. Apakah Anda siap untuk belajar?

Mengambil Screenshot di Smartphone Android

Mengambil tangkapan layar sangat berguna. Misalnya, Anda dapat berbagi layar dengan teman, menyimpan rute jalan kaki, atau merekam postingan media sosial favorit beserta reaksinya. Ada beberapa cara untuk mengambil tangkapan layar, dan kami akan menjelaskan semuanya. Teruslah membaca untuk mempelajari cara mengambil, mengedit, dan membagikan tangkapan layar.

1. Dengan Tombol

Cara paling umum untuk mengambil tangkapan layar adalah dengan menggunakan tombol di ponsel cerdas Anda. Ini melibatkan tombol daya dan tombol volume turun. Setelah menahannya selama satu atau dua detik, layar akan berkedip, menandakan bahwa tangkapan layar telah diambil.

2. Dengan Menggesek

Beberapa produsen smartphone, seperti Samsung dan OnePlus, menawarkan opsi untuk mengambil tangkapan layar dengan menggesekkan tangan Anda di layar. Namun, Anda mungkin perlu mengaktifkan opsi ini secara manual di aplikasi setelan di bawah menu 'Gerakan dan gestur'. Setelah diaktifkan, Anda dapat mengambil tangkapan layar dengan menggesekkan sisi tangan Anda di layar.

Tangkap Seluruh Halaman dengan 'Tangkap Lebih Banyak'

Jika Anda telah mengambil tangkapan layar menggunakan salah satu metode di atas, itu akan muncul sebagai thumbnail di kiri bawah layar Anda. Di sini, Anda akan melihat beberapa opsi, termasuk 'Capture more'. Dengan memilih opsi ini, Anda dapat menangkap seluruh halaman di tangkapan layar Anda. Anda dapat memilih berapa banyak halaman yang ingin Anda sertakan dalam tangkapan layar. Fitur ini berguna untuk mengambil halaman web atau menu restoran, misalnya.

Edit Tangkapan Layar Anda sesuka Anda

Selain 'Tangkap lebih banyak', ada dua opsi lagi yang tersedia di menu kiri bawah: bagikan dan edit. Mari kita melalui proses pengeditan terlebih dahulu. Dengan mengetuk ikon pensil kecil, Anda dapat masuk ke aplikasi pengeditan foto di ponsel cerdas Anda. Di sini, Anda dapat melakukan berbagai penyesuaian tergantung model ponsel Android Anda.

Misalnya, Anda dapat memotong dan memutar tangkapan layar untuk hanya menampilkan apa yang Anda inginkan. Anda juga dapat menyesuaikan warnanya jika perlu. Menambahkan sorotan, teks, dan catatan juga dapat bermanfaat. Opsi ini dapat ditemukan di bawah kategori 'Format' dan memungkinkan Anda menekankan aspek penting dalam tangkapan layar Anda.

Bagikan dengan Teman dan Keluarga

Setelah Anda mengambil, memotong, mengedit, dan menyorot tangkapan layar Anda, saatnya untuk membagikannya! Anda dapat melakukannya langsung dari menu yang muncul di kiri bawah layar setelah mengambil tangkapan layar. Namun, jika Anda telah melakukan penyesuaian pada gambar, Anda harus mengirimkannya dari perpustakaan foto Anda.

Android secara otomatis menyimpan tangkapan layar di folder khusus, membuatnya mudah ditemukan. Di aplikasi Foto Google, buka 'Perpustakaan' dan kemudian ke folder 'Screenshots'. Di ponsel cerdas yang memiliki aplikasi galeri sendiri, Anda juga akan menemukan folder serupa. Buka tangkapan layar Anda dan pilih opsi “Bagikan”. Pilih aplikasi yang ingin Anda gunakan untuk mengirimkannya dan pilih contact person yang diinginkan. Terakhir, klik kirim, dan selesai! Tangkapan layar Anda sekarang telah diambil, diedit, dan dibagikan.

Posting Komentar