SoC Qualcomm Snapdragon 8th Gen 3 Ditemukan di Situs Benchmark Tepat Sebelum Debut Besarnya

Qualcomm diperkirakan akan meluncurkan chipset seri Snapdragon 8 Gen berikutnya, Snapdragon 8 Gen 3, pada bulan Oktober. Berdasarkan bocoran sebelumnya, perangkat seperti Xiaomi 14, OnePlus 12, seri Samsung Galaxy S24, Vivo X100, dan seri iQOO 12 akan menggunakan chipset Snapdragon 8 Gen 3. Menjelang peluncuran resminya, detail SoC Snapdragon 8 Gen 3 telah bocor melalui daftar baru Geekbench. Smartphone Red Magic 9 Nubia mendatang dengan model NX769J dan Snapdragon 8 Gen 3 telah muncul di Geekbench. Daftar benchmark mengungkapkan hasil pengujian single-core dan multi-core, serta kecepatan clock berbagai core dan detail GPU dari Snapdragon 8 Gen 3.

Permukaan Hasil Benchmark Qualcomm Snapdragon 8 Gen 3

Hasil daftar Geekbench Nubia Red Magic 9 pertama kali dibagikan oleh keterangan rahasia Stasiun Obrolan Digital di Weibo. Berdasarkan hasil pengujian, Snapdragon 8 Gen 3 akan memiliki satu inti utama (Cortex-X4) yang memiliki clock 3,19GHz, lima core performa yang memiliki clock 2,96GHz (Cortex-A720), dan dua core efisiensi (Cortex-A520) yang memiliki clock pada 2.27GHz. Daftar tersebut juga mengungkapkan bahwa chipset tersebut akan ditemani oleh GPU Adreno 750. Rumor sebelumnya menyebutkan bahwa GPU Adreno 750 akan beroperasi pada 1,00GHz, yang merupakan frekuensi 45% lebih tinggi dibandingkan GPU Adreno 740 yang 689MHz. Daftar benchmark juga menunjukkan bahwa Nubia RedMagic 9 telah mencapai 1596 dan 5977 poin masing-masing dalam pengujian single-core dan multi-core.

Lebih lanjut, keterangan rahasia Stasiun Obrolan Digital juga menyebutkan bahwa ini adalah versi reguler dari chipset Snapdragon 8 Gen 3, yang menunjukkan bahwa mungkin ada versi plus dari SoC yang sedang dikerjakan. Rumor sebelumnya juga menyebutkan bahwa Snapdragon 8 Gen 3 akan menggunakan arsitektur “1+5+2” dibandingkan dengan arsitektur “1+2+2+3” pada Snapdragon 8 Gen 2. Beberapa hari lalu, keterangan rahasia Obrolan Digital Station juga mengungkapkan bahwa Snapdragon 8 Gen 3 akan lebih mahal, mengingat diperkirakan akan diproduksi menggunakan proses N4P 4nm TSMC.

Keterangan rahasia Stasiun Obrolan Digital juga sebelumnya menyebutkan bahwa lebih banyak produsen akan terus menggunakan Snapdragon 8 Gen 2 atau chipset Dimensity MediaTek untuk mengurangi biaya dan meningkatkan efisiensi. Seperti disebutkan sebelumnya, Qualcomm diperkirakan akan meluncurkan chipset Snapdragon 8 Gen 3 pada bulan Oktober. Perusahaan akan menjadi tuan rumah KTT Qualcomm Snapdragon dari 24 Oktober hingga 26 Oktober di Maui, Hawaii tahun ini, di mana Snapdragon 8 Gen 3 dapat diperkenalkan.

Posting Komentar