Materi Sitasi dan Daftar Pustaka


Sitasi diartikan sebagai referensi yang berasal dari buku, artikel jurnal, naskah arsip, koran, situs web, laporan, dan lainnya. Sitasi berisi informasi yang jelas mengenai sumber tersebut. Jadi sitasi mengacu pada sumber yang dipakai dalam penulisan karya tulis ilmiah
Sedangkan Daftar pustaka merupakan suatu daftar yang berisikan tentang sumber-sumber dari bacaan yang digunakan sebagai bahan acuan untuk menulis karya ilmiah. Atau dalam pengertian daftar pustaka yang lainnya adalah suatu daftar yang berisikan judul buku, artikel maupun bahan tulisan yang memiliki kaitan dengan karya ilmiah yang dibuat.

Sitasi atau Pengutipan

Kutipan Langsung
Kutipan langsung yaitu kutipan yang sama seperti dengan sumber yang dikutipnya. Proses pengutipan tidak melakukan pengubahan seperti menambah ataupun mengurangi pernyataan narasumber. 
Contoh kutipan langsung
Semiotik berasal dari bahasa Yunani, Seme yang berarti penafsir tanda (Paul Cobley dan Litza Janz dalam Ratna, 2015:97). Namun dalam bahasa Yunani, kata Seme tersebut mempunyai sinonim yakni sema dan semeion (Noor, 2004:83). Sema berarti tanda yang bermakna (bahasa) yang kemudian menjadi akar kata semantik. Sedangkan semeion yang berarti tanda secara umum yang kemudian menjadi akan kata semiotik.
Manusia hidup membutuhkan makan dan minum untuk menyuplai nutrisi dalam tubuh. Tubuh manusia membutuhkan beraneka macam nutrisi yang bersumber dari makanan yang diperoleh dari alam sekitar. Nutrisi dalam makanan diolah oleh organ tubuh kemudian didistribusikan melalui sel-sel otot. Manusia tidak boleh asal sembarang mengkonsumsi makanan karena akan membahayakan dirinya. Hal itu dijelaskan oleh Rooney: 
Manusia untuk dapat hidup membutuhkan makanan. Makanan yang dikonsumsi manusia harus memenuhi jumlah kebutuhan gizi manusia. Tanpa nutrisi dan gizi yang cukup, manusia akan mudah lelah dan daya tahan tubuhnya akan mudah lemah. Lemahnya daya tahan tubuh membuat manusia mudah terserang penyakit. Meskipun demikian bukan berarti manusia hidup hanya untuk makan, melainkan makan untuk dapat hidup. (2005 : 48)

Kutipan Tidak Langsung
Kutipan tidak langsung yaitu menyadur dari sumber asli dengan menuliskannya sendiri menggunakan pemahaman sendiri. Penulisannya diintegrasikan ke dalam teks tanpa mengubah ide penulis yang dikutipnya. Kutipan tidak langsung juga disertai catatan kaki/ data pustaka. Pencantuman data pustaka bisa diletakkan di awal ataupun di akhir kutipan.
Contoh kutipan tidak langsung
Pengertian psikolinguistik banyak didefinisikan oleh para ahli bahasa. Salah satunya, el-Ushaili. Ia berpendapat bahwa psikolinguistik merupakan buah dari hasil pertemuan linguistik dan psikologi (2009 : 3). Hal senada juga disampaikan oleh Chaer (2007:16). Sementara Dardjowidjojo memperkenalkan psikolinguistik sebagai ilmu hibrida. Hibrida merupakan pengertian lain dari perpaduan. Psikolinguistik merupakan gabungan antara dua ilmu; psikologi dan linguistik (2003:2). Artinya, psikologi merupakan ilmu yang berasal dari dua disiplin ilmu, yakni psikologi dan linguistik. 

Macam Macam Penulisan Sitasi

Narasumber (tahun:halaman) kutipan
Menurut Muttaqqin (2014:36) Pengaturan tekanan arteri meliputi kontrol sistem persarafan yang kompleks dan hormonal yang saling berhubungan satu sama lain dalam memengaruhi curah jantung dan tahanan vaskular perifer.

Kutipan (narasumber, tahun:halaman)
Hipertensi adalah suatu keadaan dimana terjadi peningkatan tekanan darah secara abnormal dan secara terus – menerus pada beberapa kali pemeriksaan tekanan darah yang disebabkan satu atau beberapa faktor risiko yang tidak berjalan sebagaimana mestinya dalam mempertahankan tekanan darah secara normal (Majid, 2015:55)

Narasumber, kutipan (tahun:halaman)
Menurut Manuntung aliran darah di arteri berkurang dan menyebabkan arterosklerosis melemah sehingga meningkatkan kemungkinan terbentuknya aneurisma (2018:44)

Style Pustaka Paling Banyak Dipakai

1. American Psycological Asociation: Creswell, J. W. (2015). Research Design: Qualitative, Quantitative, and Mixed Methods Approaches. London: Sage Publications
2. Harvard: Creswell, J.W., 2015. Research Design: Qualitative, Quantitative, and Mixed Methods Approaches. Sage Publications, London
3. Vancouver: 1. Creswell JW. Research Design: Qualitative, Quantitative, and Mixed Methods Approaches. London: Sage Publications; 2015. 
4. IEEE: [1] J. W. Creswell, Research Design: Qualitative, Quantitative, and Mixed Methods Approaches. London: Sage Publications, 2015.
5. Chicago: Creswell, John W. Research Design: Qualitative, Quantitative, and Mixed Methods Approaches. London: Sage Publications, 2015.

Agar lebih akurat, penulisan sitasi dan daftar pustaka lebih disarankan menggunakan aplikasi bantuan seperti Mendeley, Zotero, ataupun Endnote



Posting Komentar