Bahaya Gadget Untuk Mata Anda! Ini Cara Menjaga Kesehatan Mata

Bahaya smartphone untuk mata, mengatasi mata agar sehat, mata sering kerja? ini solusinya, cara menjaga mata agar tetap sehat, artikel kesehatan mata

source: canva
Smartphone tentu akan membawa dampak baik dan buruk, tidak terlalu jelas bahwa penggunaan telepon dapat menyebabkan masalah mata. Anda dapat mengetahuinya dari ketidaknyamanan atau rasa sakit di mata Anda setelah menggunakan ponsel selama berjam-jam. Anda bisa menjadi tipe orang yang menghabiskan waktu di media sosial, panggilan video panjang, atau melihat file media. Anda tidak harus menyerahkan semua itu.

Setelah Anda memahami bahwa menggunakan telepon dapat menyebabkan masalah mata, perhatian Anda selanjutnya adalah bagaimana melindungi mata Anda.

Mengapa menggunakan telepon dapat menyebabkan masalah mata, dan bagaimana cara melindungi mata Anda

Apakah lampu biru telepon menyebabkan kerusakan pada mata?

Beberapa orang berpikir bahwa menggunakan ponsel dapat menyebabkan masalah mata hanya saat memancarkan cahaya putih, tetapi tidak saat memancarkan cahaya biru. Itu tidak sepenuhnya akurat karena keduanya menyebabkan kerusakan pada mata, terutama cahaya biru. Mata kita tidak pandai menghalangi sinar biru, sehingga dapat merusak mata.

Bisa merusak retina. Ketika cahaya biru memasuki mata, ia melewati kornea dan lensa ke retina. Seiring waktu, ini dapat merusak retina manusia dan menyebabkan masalah penglihatan.

Itu bisa mengganggu tidur. Jika mata Anda terkena cahaya biru ponsel sebelum tidur, hal itu dapat mengganggu pola tidur Anda.

Ini dapat berkontribusi pada katarak. Para peneliti juga telah memastikan bahwa cahaya biru dari penggunaan ponsel dalam waktu lama dapat menyebabkan masalah mata seperti katarak dan degenerasi makula. Degenerasi makula adalah salah satu penyebab utama kehilangan penglihatan di Amerika Serikat.

Ini dapat menyebabkan ketegangan mata digital. Ketegangan mata digital adalah sesuatu yang Anda alami karena terlalu banyak terpapar perangkat digital seperti ponsel.

Beberapa orang bertanya, apakah menggunakan ponsel membuat mata Anda sakit? Ya, itu bisa membahayakan mata Anda dan menyebabkan penglihatan yang lemah. Ini hanyalah beberapa kerusakan yang dapat diakibatkannya. Sayangnya, kerusakan bisa menjadi lebih buruk dari ini jika Anda tidak mengambil tindakan pencegahan.

Gejala ketegangan mata

Terlalu banyak menggunakan ponsel dapat menyebabkan masalah mata, dan jika Anda adalah pengguna ponsel yang berat, waspadai gejala ketegangan mata ini.

  • Sakit kepala: Ini berarti ketegangan mata menyebabkan sakit kepala saat Anda menggunakan telepon. Itu juga bisa terjadi saat Anda mencoba tidur di malam hari.
  • Sakit pada bola mata: Artinya bola mata Anda sakit setiap kali Anda melihat layar terang atau cahaya terang.
  • Peningkatan kepekaan terhadap cahaya: Anda juga bisa merasa sakit saat bersentuhan dengan sinar matahari.
  • Mata berair atau kering: Ini berarti Anda sering mengalami mata basah atau kering. Itu bisa terjadi saat Anda melihat ponsel, layar TV, atau perangkat lain apa pun.
  • Penglihatan kabur atau ganda
  • Mata terbakar atau gatal

Jika Anda mengamati gejala-gejala ini, temui dokter sesegera mungkin. Ini juga merupakan tanda bahwa Anda perlu mengurangi penggunaan ponsel. Hal-hal lain seperti layar TV dan perangkat digital Anda juga dapat berkontribusi pada hal ini.

Cara melindungi mata dari cahaya layar ponsel

Apakah melihat layar ponsel merusak mata? Ya, tetapi ini terjadi ketika Anda gagal melakukan tindakan pencegahan. Jika Anda menggunakan ponsel selama lebih dari dua jam setiap hari, Anda harus menggunakan solusi berikut untuk melindungi penglihatan Anda.

  1. Gunakan kacamata biru atau berwarna: Penggunaan telepon dapat menyebabkan masalah mata, tetapi menggunakan kacamata biru dapat mengurangi kemungkinan tersebut. Beberapa penelitian merekomendasikan penggunaan kacamata biru atau berwarna untuk melindungi mata dari paparan sinar yang berlebihan. Ini bekerja dengan cara yang sama seperti kacamata hitam saat Anda melangkah ke jalan.
  2. Aktifkan perawatan mata: Sebagian besar ponsel memiliki fitur perawatan mata. Mengaktifkan fitur ini akan mengurangi kecerahan layar. Ini juga mengurangi sinar putih dan biru dan membuatnya hangat di mata.
  3. Beristirahatlah setiap 20 menit. Misalnya, setelah melihat layar ponsel Anda selama 20 menit, Anda harus beristirahat 1 menit untuk melihat sesuatu yang jaraknya setidaknya 20 kaki.
  4. Gunakan pelindung layar berwarna. Beberapa pelindung layar sedikit berwarna biru atau hijau. Mereka bekerja dengan cara yang sama seperti kacamata berwarna, dan melindungi mata Anda dari sinar cahaya biru langsung dari ponsel Anda.
  5. Gunakan filter cahaya biru untuk ponsel Anda. Untuk beberapa ponsel Android, Anda mungkin tidak menemukan perawatan mata. Gunakan filter cahaya biru sebagai gantinya.
  6. Beristirahatlah setiap 20 menit. Misalnya, setelah melihat layar ponsel Anda selama 20 menit, Anda harus beristirahat 1 menit untuk melihat sesuatu yang jaraknya setidaknya 20 kaki.
  7. Gunakan pelindung layar berwarna. Beberapa pelindung layar sedikit berwarna biru atau hijau. Mereka bekerja dengan cara yang sama seperti kacamata berwarna, dan melindungi mata Anda dari sinar cahaya biru langsung dari ponsel Anda.
  8. Gunakan filter cahaya biru untuk ponsel Anda. Untuk beberapa ponsel Android, Anda mungkin tidak menemukan perawatan mata. Gunakan filter cahaya biru sebagai gantinya.
  9. Anda juga dapat mengaktifkan kecerahan adaptif agar layar Anda menyesuaikan dengan lingkungan Anda secara otomatis.

Nasihat penting untuk melindungi mata kita

Bisakah penggunaan ponsel sepanjang hari menyebabkan masalah mata? Ya, itu bisa. Ini mungkin tidak langsung terjadi, tetapi merusak penglihatan secara bertahap. Berada di ponsel terlalu lama dapat merusak mata Anda dari waktu ke waktu.

Di usia ini, banyak sekali hal yang ingin dilakukan di ponsel. Namun, Anda dapat dengan sengaja membatasi lamanya waktu yang dihabiskan di ponsel Anda.

Setelah menggunakan perangkat Anda untuk sementara waktu, istirahatlah. Lihatlah sesuatu yang lain. Lakukan sesuatu yang tidak melibatkan menatap layar.

Kesimpulan

Ponsel adalah pusat dari banyak aktivitas sehari-hari, dan kita tidak dapat hidup tanpanya. Meski begitu, penggunaan ponsel yang tidak terkendali dapat menyebabkan masalah mata. Anda tidak perlu kehilangan penglihatan Anda melalui telepon. Terapkan solusi yang tercantum di atas, dan perhatikan bagaimana penggunaan ponsel Anda menjadi lebih nyaman.

Anda akan mengamati bagaimana rasa sakit, luka, dan ketidaknyamanan akan hilang seiring berjalannya waktu, terutama saat Anda mengaktifkan perawatan mata dan menggunakan filter. Semoga Bermanfaat!

Posting Komentar